Fitur Motion Smoothing Yang Tersembunyi di TV kita


Mungkin dari teman-teman semua masih sedikit awam dengan fitur Motion Smoothing yang sebenarnya ada, dan bersembunyi di dalam TV kita, dan mungkin fitur ini jarang sekali di aktifkan. yuk kita bahas apa sih Motion Smoothing itu.

Biasanya di TV - TV keluaran terbaru sudah ada yang namanya fitur Motion Smoothing dan pada merek TV tertentu memiliki nama yang berbeda-beda pula, seperti Auto Motion Plus (Samsung), Motionflow (Sony), Motion Enhancement (Sharp) dan TruMotion (LG), oke sebelum melangkah lebih jauh, saya mau jelaskan dulu apa sih Motion Smoothing itu? dan apa sih gunanya untuk kita para Gamers? efeknya plus dan minus dalam bermain game.

*UPDATE ARTIKEL Agustus 2021
Karena banyak dari teman-teman yang menanyakan ke saya, akhirnya saya kembali update ke artikel ini.

Saya menggunakan TV Samsung KU6300 setting-nya ada pada :
Menu - PITCURE (Pilih HDR+) - Expert Setting - Auto Motion Plus, ada 3 pilihan Off, Auto dan Custom, Saya biasa menggunakan setting Auto, sebenarnya untuk Custom gambar bisa lebih halus lagi, cuma tidak tau kenapa saya agak pusing dan input lag nya tidak bisa di tolerir.
Beberapa TV mungkin akan langsung mendeteksi setingan GAME saat PS4/PS5 di nyalakan, malah menurut saya setingan GAME di tv itu merupakan setingan terburuk yang hanya mengejar input lag low dengan mengorbankan semua image processing yang bisa di lakukan oleh TV seperti HDR dkk.

TV Samsung KU6300 merupakan TV 4K mudah dengan skor untuk bermain game cukup tinggi dari rtings, yakni 8.4 untuk Video games dan 8.0 untuk HDR Games, Dari keterangan yang ada di rtings terlihat skor untuk input lag adalah 8.3 yang mana skor ini juga cukup tinggi, makanya saya sangat tidak terpengaruh dengan yang namanya input lag.
Bayangkan saya memainkan Cyberpunk 2077, Ghost of Tsushima, Death Stranding, The Last of Us Part II dalam 40-60fps, makanya saya tidak pernah komplain sama sekali dengan yang namanya FPS drop saat memainkan sebuah game. Input lag bukan lagi menjadi musuhmelainkan sudah menjadi teman saya bertahun tahun, bahkan sebelum menggunakan TV Samsung KU6300 jadi saya sudah terbiasa.

Cuma memang tidak semua game setingan Auto Motion Plus saya ON kan, game-game seperti Sekiro: Shadows Die Twice, The Surge yang membutuhkan Parry dan reflex yang cepat tentunya setingan GAME lebih cocok. Saya juga belajar kalau setiap game memiliki input lag yang berbeda-beda, seperti judul Middle-earth: Shadow of War itu game dengan input lag yang cukup parah.

*END of UPDATE
Secara garis besar sebuah siaran TV direkam dan disiarkan dalam 24 Frame Per-Second (fps) sedangkan siaran olahraga biasanya direkam dan disiarkan diangka 40 fps, ini sebabnya pada acara olahraga kita bisa melihat tontonan yang lebih halus atau smooth. Semakin tinggi FPS tentunya akan semakin nyaman dan semakin realistis gambar yang dihasilkan. 

Di sinilah fungsi dari fasilitas Motion Smoothing yang ada di dalam TV kita, fungsinya adalah memaksa TV untuk melakukan sebuah komputasi frame yang di mana keluaran output-nya bisa antara 40-60 fps, teknologi yang digunakan dalam proses komputasi ini dinamai interpolasi frame, yakni menebak, dan mengisi frame yang kosong sehingga output-nya seakan-akan 40-60 fps
Saya sudah mencobanya, dan kadang secara tidak sadar fitur ini sudah aktif dari awal pembelian TV, Saya menggunakan Smart TV LG 32 Inch dengan tipe 32LN575V, setingan TruMotion berada pada menu Picture Option, di sana ada menu TruMotion yang bisa kita set dari level Clear, Standard, Smooth dan user setting atau setingan Costom, jadi ada 4 tingkatan kita mau fps sehalus apa, awalnya saya menggunakan level Clear, dan tentunya experience dalam bermain game terasa berubah frame rate dalam bermain game meningkat drastis. 

Terlihat saat dalam bermain game open world saat kita memutar kamera secara 360 derajat, kita bisa test untuk level setting lainnya, dan coba juga turn on lali off fitur Motion Smoothing ini dan kita bandingkan seperti apa gambar yang di hasilkan dalam bermain games.
Namun setiap kelebihan pasti ada kekurangan, pertama kali yang di rasakan saat Motion Smoothing di aktifkan adalah, delay pada controller PS4 kita (input lag), ini tentunya akan berpengaruh dengan game yang gameplaynya menggunakan fase cepat, namun sebenarnya ini bisa kita pelajari dan adaptasi, saya menamatkan beberapa game sepeti The Witcher 3, Ratchet and Clank dalam kondisi fitur Motion Smoothing aktif, makanya saya merasa TW3 dan Ratchet and Clank running di 60 Fps. Ada juga efek sedikit blur saat karakter bergerak dan Soap Opera Effect, namun menurut saya pribadi semua kekurangan di atas belum terlalu mengganggu.
Mungkin dari informasi di atas, ada teman-teman yang mau mencobanya, rencana saya mau buat videonya, tapi saya tidak tau apakah perubuhan frame bisa ditangkap dengan kamera dslr. Motion Smoothing mungkin akan lebih bermanfaat saat kita aktifkan dalam menonton film box office, jadi kita bisa merasakan pengalaman menonton film dengan kehalusan 40-50 fps
Disclaimers : Mungkin untuk setiap merek-merek TV memiliki kualitas Motion Smoothing yang berbeda-beda, dan mungkin efek minus jangka panjang jika fitur ini diaktifkan bisa mermacam-macam, selama ini saya aktifkan tidak ada kendala apa-apa di TV saya.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.